Kamis, 06 Januari 2011

Pahami Orang dari Sudut Pandangnya

Subang, 4 September 2010

Sahabat berikut adalah kisah mengenai sudut pandang.

Suatu ketika seorang teman bercerita :
Wahai kakak, aku ini mempunyai seorang teman, setiap kita nasehatin jarang sekali ia mau memahami apa yang kita katakan. Justru terkadang ia sering menetang apa yang kita katakan. Padahal apa uang kita katakan itu baik. Untuk kebaikannya. Tapi selalu aja di tentang. Kenapa ya kak?...

Adekku yang baik, logikanya seperti ini. Kemudian sang kakak bergegas mengambil sesuatu dan ia mengangkat sebuah kotak kubus yang ukurannya tidak begitu besar tetapi lebih besar dari sesuatu yang diambilnya tadi.

Adek coba lihat kotak ini dari adek. Adek perhatikan baik-baik. Seperti apa bentuknya adek pasti lebih tahu dari kakak.. Coba adek bayangkan, adek bisa ga menebak bentuk bagian kotak di hadapan kakak?... ''tidak tahu kak''. Adek yang lebih tahu sudut yang berada di bagian kakak adalah diri kaka sendiri. Sedangkan yang lebih tahu sudut di hadapan adek ya adek sendiri... Adek sehebat apapun kita tidak akan mampu melebihi sudut pandang yang bukan sudut pandang kita..oleh karena itu belajarlah memahami sudut pandak orang lain..... Hidup oni aka lebih damai dari apapun yang bukan bukan pengetahuan kita.

Belajarlah memahami orang. Bukan ingin dipahami. Belajar menghargai orang bukan untuk dihargai.. Orang dan siapapun itu hanya akan peduli terhadap dirinya sendiri. Ia akan peduli kepada orang lain apabila dia sudah merasakan orang tersebut memperdulikan dirinya dibading orang itu sendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar